Thursday 7 February 2013

Tentang Awan


 Sedikit Informasi tentang awan. seperti perjalanan kita yang pernah hingga di atas awan. Dan berikut ini tentang infonya.
Awan adalah merupakan kumpulan butiran air atau kristal es yang tersuspensi di udara pada ketinggian lebih dari 1 km da dapat di lihat dengan mata telanjang.


Kumpulan butiran air yang tersuspensi di udara dekat di permukaan tanah di sebut kabut (fog). Butiran pada kabut ini, karena ukurannya yanghalus, akan segera menguap jika suhu udara meningkat (karena menerima radiasi matahari).
Bentuk awan di bedakan menjadi 3 tipe utama:
·         Awan Stratus berbentuk pipih dan berwarna abu-abu, terbentuk sampai ketinggian 1,8 Km. Akan tetapi altostratus dapat terbentuk sampai pada ketinggian 6,2 km.

·                Awan Cumulus mempunyai bentuk dan dasar rata dan bagian atasnya mirip kubis bunga. Terbentuk kurang lebih 600 m jika udara lembab, pada 2,4 km jika udara kering. Dan dapat terbentuk pada lapisan troposfer yang lebih tinggi sampai 15,2 km. Jenis awan ini di sbut awan cumolonimbus, yaitu awan yang menyebabkan hujan yang lebat.

·               Awan cirrus yaitu berwarna putih, tipis, berserat dan terdiri dari kristal es. Awan ini terbentuk pada ketinggian lebih dari kristal es. Awan ini terbentuk pada ketinggian lebih dari 6,2 km.
 
Klasifikasi jenis awan juga dapat di lakukan menurut ketinggiannya, dimana awan itu terbentuk. Berdasarkan ketinggiannya awan di bedakan menjdi 4, yakni:
1.      Awan tinggi: terdapat pada ketinggian 7 km dari permukaan laut, terdiri dari: cirrus, Cirostratus, cirrocumullus.
2.      Awan pertengahan : pada ketinggian 2 km dari permukaan laut, terdiri dari: altostratus dan altocumulus.
3.      Awan rendah: pada ketinggian kurang dari 2 km dari permukaan laut, terdiri dari: stratocumulus, stratus dan nimbostratus
4.      Awan yang berkembang vertical: pada ketinggian 1-20km dari permukaan laut, terdiri dari: cumuls dan cumulunimbus.

 



No comments:

Post a Comment