Tuesday 5 February 2013

Air Terjun Sampuren Putih

  
AIR TERJUN SAMPUREN PUTIH



Air terjun Sampuren Putih atau Air terjun tujuh tingkat Terletak Tidak jauh dari Bumi perkemahan Sibolangit. Jika ingin kesana anda akan melewati Bumi perkemahan Sibolangit dan akan belok kiri jika sudah di simpang Basukum. Jika dari sibolangit anda hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk dapat ke tempat ini.
    Air terjun yang terletak di desa Suka Rakyat ini mempunyai legenda tentang bagaimana Air ini bisa terbentuk. Menurut legenda air terjun ini terbentuk dari perseturuan abang beradik. Abang beradik ini sama-sama jatuh cinta kepada wanita yang sama. Karena iri kepada adiknya sang abang membawa adiknya ke atas gunung dan menyuruhnya untuk menuruni gunung itu dengan menggunakan tali. Saat si adik turun, si abang memutuskan tali itu sehingga sang adik pun jatuh dan mati.Posisi jatuh sang adik inilah yang akhirnya membentuk tujuh tingkatan sehingga membentuk air terjun tujuh tingkat yang di beri nama Air terjun Sampuren Putih.
     Jika anda datang kesana memalui Sibolangit, maka anda akan memasuki desa Sikeben dengan jalan beraspal yang naik turun hingga akhirnya sampai di desa Suka Rakyat.
     Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 150 meter dengan tebing yang curam dan berkelok. Sebelum jatuh ke tanah air terjun ini keluar melalui mulut goa sebesar 10 meter .Tapi goa inipun tidak panjang karena alam membentuk goa ini sepanjang 5 meter untuk terusan air dari sungai Jabi ke aliran sungai lau seruway, sehingga saat jatuh air membentuk buih berwarna putih.









2 comments:

  1. Gimana caranya gabung sama kalian broo ? Salam lestari !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo pengen gabung, silahkan dari group fb ja bg..
      https://www.facebook.com/groups/Kamikamiaja.K.K.A/

      Salam LESTARI!!

      Delete