Thursday 31 January 2013

Tempat Wisata di Sumatera Utara



Danau linting

 



Lokasinya di desa sibunga-bunga kecamatan STM hulu kab. Deli Serdang. Dengan airnya yang berwarna hijau dan hangat.untuk dapat kesana perjalanan sekitar 2 jam jika dari medan. Dan apabila anda datang di saat hujan, tempat ini akan terlihat lebih indah karena adanya asap yang menghiasi danau tersebut.





Air Terjun Tanjung Raja


Kalau kawan-kawan sedang berkunjung ke danau linting, maka tidak ada salahnya kawan-kawan singgah sekalian ke air terjun tanjung raja. air tejun ini dapat di tempuh sekitar 30-45 menit dari danau linting. Tetapi untuk dapat kesana perjalanan yang dihadapi akan cukup sulit, karena perjalanan yang akan di tempuh adalah jalan-jalan berbatu.

Air Terjun Dua warna


Air Terjun Dua Warna atau juga dikenal dengan nama Air Terjun Telaga Bitu Sibolangit memiliki ketinggian terjunan air sekitar 75 meter dan berada di ketinggain 1475 m dpl.  Air terjun ini terletak di hulu Sungai Sinembah 1 dan terbentuk dari letusan letusan gunung Sibayak ratusan tahun silam. Air terjun "Dua Warna" ini terletak di Kecamatan Sibolangit Kab Deli Serdang Sumatera Utara. Untuk dapat kesana maka anda harus berjalan dari perkemahan sibolangi selama kurang lebih 2 jam karena harus melewati hutan dan sungai-sungai.




Bukit Kapur Kawah Dolok Tinggi Raja




Bukit kapur tinggi raja adalah sebuah desa kecil yang terletak di kabupaten simalungun sumatra utara. Dimana di dalamnya terdapat ke indahan yang sangat menakjubkan. terdapat bukit kapur yang berwarna-warni, bukit kapur yang putih seperti salju dan danau yang panas.
untuk dapat kesini membutuhkan waktu hingga 4 jam, dengan jalan yang di lalui jalan beraspal 2 setengah jam dan jalan berbatu dan curam selama 1 setengah jam. emang untuk ke tempat indah 1 ini membutuhkan perjuangan yang cukup berat. tetapi perjuangan itu akan terbayar dengan apa yang akan anda lihat nantinya.



Air terjun Loknya


Air terjun loknya adalah singkatan dari air tejun lokasi nyaman. air terjun ini biasanya rami di kunjungi akhir pekan. terletak tidak jauh dari bumi perkemahan sibolangit. lewat sibolangit dikit, nanti ada pampletnya, tinggal belok kiri deh.

Air Terjun Samperuen Putih



Air terjun ini juga tidak terlalu jauh dari bumi perkemahan Sibolangit. Hanya sekitar 30menit jika naik sepeda motor. tinggal belok kiri aja jika sudah sampai di terminal angkot rajawali.pemandangan yang akan di dapatkan sangat menakjubkan dan anda bisa mandi-mandi di sini.


Taman Lumbini



Terletak di Tanah Karo Berastagi. yang menjadi keindahan di taman ini adalah pagodanya yang seperti emas. dan di sekitar taman lumbini ini banyak warga yang menanam stroberi dan sayur-sayuran pegunungan. jika ingin kesana waktunya sekitar 1 jam 40 menit dari medan.


Bukit Kubu



terletak tidak jauh dari taman lumbini. di tempat ini kita bisa bersantai, bermain layangan dan lain sebagainya. terletak di Tanah karo Berastagi.

Air Terjun Piso-piso


Air Terjun Sipiso-piso merupakan sebuah kawasan wisata alam yang terletak tidak jauh dari permukiman masyarakat Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatra Utara. Ketinggian air terjun ini berkisar 120 meter sehingga dinobatkan sebagai air terjun tertinggi di Indonesia.Untuk dapat kesana membutuhkan Waktu sekitar 4jam. Walaupun cukup lelah untuk kesana, tetapi mata anda akan di manjakan dengan pemandangan-pemandangan yang sangat indah.




Danau Toba



Danau Toba adalah sebuah danau vulkanik dengan ukuran panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer yang terletak di Provinsi Sumatra Utara, Indonesia. Danau ini merupakan danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara Di tengah danau ini terdapat sebuah pulau vulkanik bernama Pulau Samosir.
Danau Toba sejak lama menjadi daerah tujuan wisata penting di Sumatera Utara. Danau Toba memiliki wisata alam yang luar biasa, wisata spiritual, wisata sejarah, atau pun wisata arsitektur dan kuliner. Suasana yang sejuk dan menyegarkan, hamparan air yang jernih, serta pemandangan yang memesona dengan pegunungan hijau adalah sebagian kecil saja dari deskripsi keindahan Danau Toba yang mengagumkan.


Air Terjun Sikulikap



Air Terjun Sikulikap mempunyai ketinggian jatuh 30 m. Sumber air terjun ini berasal dari Taman Hutan Rakyat (Tahura) Bukit Barisan. Hutannya merupakan Kawasan Ekosistem Leuser (KEL) Taman Nasional Gunung Leuser.yang berada dalam Kawasan Taman Wisata Lau Debuk Tanah Karo.Di sekeliling air terjun adalah hutan tropis lebat, dengan tonjolan dinding-dinding cadas pada beberapa tempat. Dan disekitarnya terlihat tebing batu yang tegak lurus. Sejumlah pemanjat tebing sering memanfaatkan batu cadas di samping air terjun. 
Air terjun ini terdapat di kabupaten Karo,Berastagi. Tepatnya di bawah penatapan. Anda harus berjalan kaki sekitar 15 menit dari penatapan untuk dapat kesini.


 Gunung Sibayak




Gunung Sibayak adalah sebuah gunung yang menghadap ke kota berastagi di Sumatra Utara. Orang Batak Karo menyebut gunung Sibayak dengan sebutuan "gunung Raja". Gunung Sibayak merupakan gunung berapi dan meletus terakhir tahun 1881. Gunung ini berada di sekitar 50 kilometer barat daya Kota Medan. Ketinggian Gunung ini adalah 2,212 m (7.257 ft)


Bukit lawang



Bukit Lawang adalah nama tempat wisata di Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatra Utara yang terletak 68 km sebelah barat laut Kota Binjai dan sekitar 80 km di sebelah barat laut kota Medan. Bukit Lawang termasuk dalam lingkup Taman Nasional Gunung Lauser yang merupakan daerah konservasi terhadap mawas orang utan.
Pada tanggal 2 November 2003, Bukit Lawang dilanda tragedi banjir bandang yang menyebabkan ratusan rumah penduduk serta wisma-wisma penginapan di tepian sungai Bahorok hancur lebur. hal ini meyebabkan industri wisata Bukit Lawang juga menurun, namun saat ini keadaan pariwisata sudah mulai kembali menggeliat.

Kebun teh Sidamanik dan Air Terjun Sidamanik







Aroma daun teh yang khas, kesegaran sejuknya udara yang bebas dari polusi serta langit cerah dengan corak awan yang yang terus tersapu angin membuat tempat ini semakin indah dan wajib dikunjungi setiap kali perjalanan menuju Danau Toba.
Kebun Teh Sidamanik yang dikelola oleh PTPN IV ini terletak di Kabupaten Simalungun dan memiliki Luas 8.372,75 Ha bahkan sampai saat ini kebun teh Sidamanik masih merupakan Kebun teh untuk jenis teh hitam terbesar ke-dua di Indonesia setelah Jawa Barat.

Air Terjun Lau Belis/Tongkat






Puncak Tele

Ingin sensasi pemandangan lain Danau Toba.... Coba deh ke Menara Pandang Tele....


Air Terjun Sampuran Efrata

Terletak di Kabupaten Toba Samosir, tepatnya di desa Sosor Dolok yang merupakan salah satu desa wisata dengan bentang alam dataran tinggi yang hijau. Desa Sosor Dolok ini dapat Anda tempuh sekitar setengah jam perjalanan dari pusat kota di Kabupaten Toba Samosir. Air Terjun ini tampak mempesona, dengan debit airnya yang deras. Debit air tersebut berasal dari aliran sungai yang terdapat di atasnya, dan kabarnya aliran air tersebut tidak pernah kering meskipun pada bulan-bulan tertentu terjadinya musim kemarau. Bahkan ketika musim penghujan, debit air terjunnya pun menjadi beberapa kali lipat derasnya.  


Danau sidihoni

Danau Sidihoni terletak di Kecamatan Pagururan, Pulau Samosir. Kalau Pulau Samosir dikatakan sebagai "pulau di atas pulau", Danau Sidihoni yang berada di Pulau Samosir ini bisa dikatakan sebagai "danau di atas danau" (di atas Danau Toba). Air danau ini sering berubah warnanya, dan oleh penduduk setempat perubahan warna ini dihubungkan dengan peristiwa-peristiwa yang terjadi di Indonesia. Danau Sidihoni berjarak 8 kilometer dari Pagururan ini cukup indah.



Danau Lau Kawar


 Danau Lau Kawar yang berair kebiruan ini terletak di kaki Gunung Sinabung. Untuk menuju Danau Lau Kawar, dari Kota Medan menuju arah Brastagi. Dari tugu perjuangan di Kota Berastagi, kita berbelok kearah kanan menuju Kecamatan Simpang Empat. Menempuh jarak sekitar 30 Km dari Kota Berastagi dengan waktu tempuh sekitar 1 jam, melewati jalan Kabanjahe – Kuta Rakyat. maka kita akan sampai di Danau Lau Kawar, Kecamatan Naman Teran, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Bila dari Kota Medan, Law Kawar terletak sekitar 69 Km dengan jarak tempuh sekitar 3 jam. Saat ini, jalan menuju Danau Lau Kawar sudah sangat mulus dibandingkan beberapa tahun lalau. Danau seluas 200 Ha ini bila di bandingkan dengan Danau Toba, memang hanya 1/6 Danau Toba, namun pesonanya tidak kalah dengan Danau Toba.


Gunung Sinabung








Gunung Sinabung adalah sebuah gunung di Dataran Tinggi Karo, Kabupaten Karo, Sumatra Utara, Indonesia. Sinabung bersama Sibayak di dekatnya adalah dua gunung berapi aktif di Sumatera Utara. Ketinggian gunung ini adalah 2.460 meter. Gunung ini menjadi puncak tertinggi di Sumatera Utara. Gunung ini belum pernah tercatat meletus sejak tahun 1600. Kordinat puncak gunung Sinabung adalah 3 derajat 10 menit LU, 98 derajat 23 menit BT.
Untuk dapat Kepuncak harus berjalan kaki dari lau kawar hingga 4 hingga 5 jam. tapi dalam perjalanan kami ini membutuhkan waktu sampai 7 jam, di karenakan trerlalu banyak istirahat, bahkan masih sempat lagi makan siang di shelter 2. tapi kalau untuk turunnya cepat, hanya skitar 3 jam sudah bisa sampai bawah.



Kami-Kami Aja (K.K.A)
Life is Adventure




7 comments: