Monday 3 March 2014

Pusuk Buhit

Pusuk buhit adalah salah satu gunung yang terletak di kabupaten samosir dengan ketinggian sekiter 1900an. ada sebuah mitos tentang gunung ini. Dipercayai, di puncak Pusuk Buhit-lah cucu paling tua Si Raja Batak, Raja Uti, dikembalikan oleh orang tuanya, Guru Tatea Bulan, kepada Mulajadi Nabolon. Raja Uti, yang tubuhnya tidak bertulang ketika ia kecil, muncul beratus tahun kemudian dengan kesaktiannya. Dan konon berdasarkan kepercayaan masyarakat Batak dari bukit inilah untuk pertama sekalinya pencipta alam semesta menampakkan diri, yang dinamakan oleh orang Batak dengan sebutan Mula Jadinabolon. Sehingga wajar saja kalau sampai sekarang kawasan ini masih keramat dan dijadikan salah satu kawasan tujuan wisata sejarah.

Jika membicarakan kawasan wisata di Toba Samosir memang tidak ada habisnya.dengan pemandangan danau toba tempat ini menjadi tempat yang sanagat menarik untuk di kunjung. hanya saja untuk mencapai puncak tempat ini membutuhkan tekat yang kuat. karena jalan yang menanjak keatas dan berbatu-batu akan menghiasi perjalanan menuju puncak.
Pusuk Buhit berada di Kecamatan Sianjur Mula-mula. Tempat ini bisa anda capai dengan berjalan kaki ataupun dengan menggunakan sepeda motor. Hanya saja jika anda menggunakan sepeda motor anda haruslah bersiap-siap dengan segala kejadian yg akan terjadi pada sepeda motor anda. karena mengingat jalannya yang cukup sulit untuk di daki dengan sepeda motor.
















No comments:

Post a Comment